PROPOSAL
TEKNIK PELAPORAN HASIL
OBSERVASI
DENGAN BARCODE BAGI
SISWA KELAS X
DI SMA NEGERI 1 CIPARI
KABUPATEN CILACAP
TAHUN 2021
A.
Pendahuluan
Suatu
kegiatan siswa pada umumnya diakhiri dengan suatu laporan. Secara umum laporan
biasanya berwujud
kertas atau lembaran lembaran sebagai bentuk portofolio hasil kerja siswa.
Setelah laporan dikumpulkan dan dinilai
oleh guru akan terjadi penumpukan yang mengganggu
ruang dan pandangan mata. Jika diterus
menerus dilakukkan maka keadaan ini akan mengganggu. Pada
zaman modern ini bentuk laporan dapat direkayasa sedemikian rupa agar bentuk
dan model sangat sederhana tetapi tetap tidak mengurangi substansi dari laporan
itu sendiri. Bentuk yang dimaksud adalah dengan menggunakan barcode yang
disusun oleh siswa sesuai materi laporanya, sehingga ketika siswa membuat
laporan tidak perlu bertele-tele dengan berbagai lembaran kertas yang banyak dan dapat menjadi media pembelajaran di sekolah.
Untuk
menunjang kegiatan tersebut sekolah harus memfasilitasi agar barcode yang dibuat
siswa bisa tersalurkan dengan baik dan mendukung kegiatan sekolah. Terlebih
lagi ketika sekolah ditunjuk oleh dinas terkait untuk mengikuti program Adiwiyata tentunya hal
ini sangat mendukung karena menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung kreativitas siswa .
B.
Nama Kegiatan
Kegiatan
ini diberi nama “ Teknik Pelaporan Hasil Observasi dengan Barcode”
C.
Tujuan Kegiatan
Tujuanya
adalah
1. Mempermudah siswa dalam membuat laporan
kegiatan
2. Ikut melestarikan lingkungan di sekitar
sekolah
3. Menanamkan jiwa kreatif dan inovatif
serta kolaboratif dengan segenap komponen sekolah.
D.
Peserta Kegiatan
Peserta
kegiatan ini adalah semua siswa kelas X yang berminat sejumlah 30 orang.
E.
Kepanitiaan
Susunan
Panitia Teknik Pelaporan Hasil Observasi dengan Barcode sbb:
Penasehat : Joko
Sumarsono, S.Pd
Ketua : Sumaryo, S.Pd
Bendahara : Rasmin, S.Pd
Seksi
Rekrutmen : Susilaningsih S.Pd., Salmizan, S.Pd.
Seksi
Konsumsi : Koryanto
Seksi
Perlengkapan : Sumaryo, S.Pd
Seksi
Acara : Een Nuraeny, S.Pd.
Seksi
Dokumenatsi : Kurnia Dwi
Rizkiyanto,S.Pd
F.
Agenda Kegiatan
Kegiatan
Teknik Pelaporan Hasil Observasi dengan Barcode dilaksanakan pada :
Hari,
tanggal : Senin, 7 Juni s.d. 28 Juni 2021
Tempat : SMAN 1
Cipari
G.
Nara sumber
Sebagai
nara sumber dalam pembuatan barcode ini adalah Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 1 Cipari yaitu
1.Salmizan,S.Pd.
2.Een Nuraeny, S.Pd.
H.
Rencana Anggaran
1. Pemasukan dari sekolah Rp 3.300.000
2. Pengeluaran
a. Nara sumber dari dalam 2 x Rp 250.000 Rp
500.000
b. Konsumsi 40 x 2 kali x Rp 10.000 Rp
800.000
c. Perlengkapan Rp 400.000
d. Dokumentasi dan pembuatan
papan Rp 1.600.000
Jumlah Rp
3.300.000
I.
Penutup
Demikian
proposal ini kami buat,besar harapan kami atas terkabulnya dan dukungan
kegiatan ini, semoga menjadi ajang amal soleh bagi generasi mendatang.
Cipari,
7 Desember 2020
Mengetahui Ketua
Kepala
Sekolah
JOKO
SUMARSONO, S.Pd SUMARYO. S.Pd
NIP
19720224 199801 1 001 NIP.19660403 199802 1 004
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
EEN NURAENY
KELAS 19-C2
CGP KAB. CILACAP
Nama program : |
Peningkatan
Kreativitas dan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik Melalui Publikasi dengan Qrcode di SMA
Negeri 1 Cipari Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2021 |
Tujuan : |
1.
Memfasilitasi
peserta didik dalam meningkatkan kreativitas sesuai dengan minat dan
bakatnya. 2.
Meningkatkan
publikasi sekolah 3. Meningkatkan literasi peserta didik 4. Meningkatkan kolaborasi peserta didik 5.
Ikut melestarikan
lingkungan di sekitar sekolah |
RANCANGAN PENGELOLAAN PROGRAM
Tahapan BAGJA |
Panduan Tahapan |
Hasil Tahapan |
B-uat Pertanyaan |
Buatlah
pertanyaan untuk mengarahkan
kita kepada penelusuran
hal-hal yang akan
kita lakukan |
Bagaimana meningkatkan kreativitas dan kesadaran lingkungan di era
digital ? |
A-mbil Pelajaran |
Ceritakan
dan tuliskan pengalaman/kegiatan
baik, prestasi
yang pernah terjadi yang
berhubungan dengan topik
bahasan (kreatifitas
peserta didik (murid)
di sekolah) |
Suatu
kegiatan peserta didik pada umumnya diakhiri dengan suatu laporan. Secara
umum laporan biasanya berwujud
kertas atau lembaran lembaran sebagai bentuk portofolio hasil kerja peserta
didik. Pada zaman modern ini bentuk laporan dapat direkayasa sedemikian rupa
agar bentuk dan model sangat sederhana tetapi tetap tidak mengurangi substansi
dari laporan itu sendiri serta mudah diakses secara digital. Untuk menunjang
kegiatan tersebut sekolah harus memfasilitasi agar qrcode yang dibuat peserta
didik bisa tersalurkan dengan baik dan mendukung kegiatan sekolah. Terlebih
lagi ketika sekolah ditunjuk oleh dinas terkait untuk mengikuti program Adiwiyata tentunya hal
ini sangat mendukung karena menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung
kreativitas peserta didik |
G-ali Mimpi |
Buat
gambaran rinci kondisi ideal
atau mimpi kita terkait topik
bahasan : l
Kreatifitas
seperti apa
yang dibayangkan ada dalam
diri peserta didik (murid) l
Perilaku
apa saja yang ada
pada peserta didik (murid) dengan
kreatifitas yang di dapatkan l
Perilaku
guru seperti apa
yang mendorong kreatifitas
peserta didik l
Perilaku
kepala sekolah seperti
apa yang mendorong kreatifitas
peserta didik l
Perilaku
orang tua seperti
apa yang mendorong
kreatifitas
peserta didik l
Hal
apa saja yang perlu dimiliki
untuk meningkatkan kreatifitas
peserta didik |
Kondisi Ideal Yang Diharapkan (MIMPI) : l
Peserta didik dapat membuat teks laporan hasil observasi, teks
prosedur, poster, flyer, twibbon, video serta dapat memanfaatkannya dalam
kegiatan pembelajaran serta mempromokan kegiatan di sekolah pada media sosial
yang ada sehingga dapat di manfaatkan oleh masyarakat luas sebagai informasi
penting l
Perilaku yang di harapkan ketika peserta didik menguasai keterampilan
IT tersebut adalah mampu memanfaatkannya untuk hal-hal yang bermanfaat dan
baik l
Guru menggunakan keterampilan yang dimiliki peserta didik, memberikan
kesempatan seluas-luasnya untuk peserta didik dalam mengembangkan diri,
mengarahkan dan mendampingi murid dengan baik l
Kepala sekolah menggunakan keterampilan yang dimiliki guru dan peserta
didik, memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk guru dan peserta didik
dalam mengembangkan diri, mengarahkan dan mendampingi murid dengan baik,
memonitor dan memberikan masukan untuk guru l
Orang tua memberikan izin untuk mengikuti kegiatan ini.Kesempatan pada
peserta didik mengembangkan diri, mendampingi peserta didik dalam
mengembangkan diri l
Hal yang perlu dimiliki : terbuka terhadap perubahan, keinginan
belajar sepanjang hayat, pantang menyerah, mau berbagi |
J-abarkan rencana |
Membuat
cara/strategi mencapai
mimpi-mimpi yang sudah
kita tuliskan : l
Rencana/strategi
apa yang perlu dilakukan (siapa melakukan apa)? l
Bagaimana
memonitor dan mengevaluasi rencana tersebut (bisa melihat format kerangka
Monev) |
Rencana
Program : l
Program
ini dapat berjalan dengan baik dengan keterlibatan semua komunitas sekolah,
seperti kepala sekolah sebagai penanggung jawab, para guru sebagai pelaksana
kegiatan dan murid sebagai target kegiatan. l
Guru
yang menjadi panitia pelaksana mempunyai kebebasan untuk merancang kegiatan
dengan petunjuk dan arahan dari kepala sekolah. l Monitor dilakukan oleh guru kepada peserta didik dan
peserta didik kepada peserta didik sendiri. l Evaluasi melibatkan guru, Waka kepeserta didikan,
wakasapras,kepala sekolah, dan orang tua |
A-tur Eksekusi |
Menentukan
tim inti program: l
Siapa
koordinator/penanggung jawab pelaksanaan program l
Siapa
yang bertugas memonitor dan mengevaluasi jalannya program l
Siapa
yang bertugas membuat laporan program l
Bagaimana
cara komunikasi/koordinasi yang dilakukan tim (melalui pertemuan (diskusi),
rapat mingguan/bulanan dll) untuk memberi kabar satu sama lain tentang
jalannya program |
Penanggung
jawab dan mekanisme koordinasi antar tim : SUSUNAN
PANITIA Susunan Panitia Teknik Pelaporan Hasil
Observasi dengan Barcode sbb: Penasehat : Joko Sumarsono, S.Pd Ketua :
Sumaryo, S.Pd Bendahara : Rasmin, S.Pd Seksi Rekrutmen : Susilaningsih S.Pd., Salmizan, S.Pd. Seksi Konsumsi : Koryanto Seksi Perlengkapan :
Sumaryo, S.Pd Seksi Acara (koordinator kegiatan) : Een Nuraeny, S.Pd. Seksi Dokumenatsi : Kurnia Dwi Rizkiyanto,S.Pd Laporan
dibuat oleh Koordinator acara (ketua panitia) l Koordinasi dilakukan dengan rapat internal panitia.
Yang dilakukan di awal, di tengah kegiatan berjalan, dan di akhir kegiatan. l
Hasil
rapat internal dilaporkan kepada Kepala Sekolah dan Kepeserta didikan. l
Evaluasi
dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah, kepeserta
didikan, dan panitia. |
MONITORING, EVALUASI,
PEMBELAJARAN, DAN PELAPORAN (UNSUR MELR)
MONITORING DAN EVALUASI
A. Pertanyaan Kunci
Evaluasi Program |
1.
Sejauh
apa program yang telah berjalan sesuai dengan tujuan utama program? 2.
Seberapa
banyak hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi
demikian? 3.
Bagaimana
hasil dari pelaksanaan program? |
B. Fokus Monitoring
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan Utama
Monitoring |
l Bagaimana kegiatan pelatihan berjalan? l Materi apa saja yang sudah diberikan? l Bagaimana penyerapan materi itu oleh peserta
didik? l Bagaimana pemanfaatan materi yang telah
diberikan? l Bagaimana tanggapan orang tua tentang
kegiatan ini? |
Untuk memastikan
kegiatan berjalan baik : ü Kepala Sekolah melalui kepeserta didikan dan
kurikulum memonitor kegiatan ü CGP membimbing peserta didik memahami materi
serta dalam memanfaatkannya ü Orang tua mendampingi serta memonitor hasil
kreatifitas peserta didik melalui media sosial |
1. Bagaimana kegiatan ini berjalan? 2. Bagaimana tanggapan peserta mengikuti
kegiatan ini? 3. Bagaimana tanggapan peserta terhadap
penyampaian materi? 4. Materi apa saja yang sulit untuk dipahami
dan diaplikasikan? Mengapa? 5. Bagaimana tanggapan peserta tentang manfaat
materi yang disampaikan? 6. Bagaimana tanggapan orang tua tentang kegiatan
dan hasil yang diperoleh? |
C. Metode Penggalian Data
Pertanyaan Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan dan Bagaimana |
1. Bagaimana kegiatan ini berjalan? 2. Bagaimana tanggapan peserta mengikuti
kegiatan ini? 3. Bagaimana tanggapan peserta terhadap penyampaian
materi? 4. Materi apa saja yang sulit untuk dipahami
dan diaplikasikan? Mengapa? 5. Bagaimana tanggapan peserta tentang manfaat
materi yang disampaikan? 6. Bagaimana tanggapan orang tua tentang
kegiatan dan hasil yang diperoleh? |
Kepala Sekolah Sie Kepeserta didikan Sie Kurikulum CGP Peserta didik Guru |
Wawancara Observasi |
Dalam proses berjalan |
D. Strategi Pengolahan Data
Pertanyaan monitoring |
Data yang terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan khusus,
pengecualian |
1. Bagaimana kegiatan ini berjalan? 2. Apa saja tantangan dan hambatan yang
dihadapi? 3. Bagaimana tanggapan panitia tentang kegiatan
ini? 4. Bagaimana panitia bekerja? 5. Bagaimana tanggapan peserta mengikuti
kegiatan ini? 6. Bagaimana tanggapan peserta terhadap
penyampaian materi? 7. Materi apa saja yang sulit untuk dipahami dan
diaplikasikan? Mengapa? 8. Bagaimana tanggapan peserta tentang manfaat
materi yang disampaikan? 9. Bagaimana tanggapan guru tentang kegiatan
yang dilaksanakan? 10. Bagaimana tanggapan orang tua tentang
kegiatan dan hasil yang diperoleh? |
Diisi dengan data dan informasi yang menjawab pertanyaan monitoring tersebut, dari berbagai metode |
Diisi kesimpulan yang dapat ditarik untuk menjawab pertanyaan monitoring dari data dan informasi yang ada pada kolom kedua |
Bila ada catatan khusus yang memberikan nuansa atas kesimpulan yang ditarik, catat di kolom ini |
PEMBELAJARAN
E. Pembelajaran Program
Faktor-faktor pendukung
pelaksanaan program |
Faktor-faktor
penghambat pelaksanaan program |
Pembelajaran |
Diisi dengan hal-hal yang mendukung keberhasilan program |
Diisi dengan hal-hal yang menghambat pencapaian program |
Diisi dengan hasil refleksi dan temuan-temuan signifikan selama pelaksanaan program untuk
pembelajaran menyusun program di masa depan |
PELAPORAN
F. Pelaporan Program
LAPORAN PELAKSANAAN
PROGRAM |
Gambaran umum program Diisi dengan gambaran kegiatan secara umum |
Deskripsi Pelaksanaan Program : Diisi deskripsi pelaksanaan program secara rinci
dan jelas - Waktu Pelaksanaan - Strategi Pelaksanaan Program - Faktor Pendukung dan Penghambat Program - Hasil Pelaksanaan Program |
Evaluasi Program Diisi dengan hasil monitoring |
Pembelajaran Program Diisi dengan hasil refleksi |
0 comments:
Post a Comment