Saturday, July 10, 2021

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 Tentang refleksi pengelolaan Bapak Ibu yang saya hormati program aksinya kamu dulu 3.3 yang saya lakukan yaitu peningkatan kompetensi kepemimpinan murid Melalui aplikasi berbasis QR kode tujuannya Saya ingin mendorong kepemimpinan murid untuk menyiapkan peserta didik menjadi pemimpin masa depan berwawasan lingkungan melalui kemampuan presentasi yang dapat dipublikasikan serta mudah diakses dengan adanya QR Code untuk melaksanakan program tersebut langkah yang saya lakukan Saya mempelajari rencana kerja jangka menengah atau rkjm dan rencana kerja tahunan atau rkt SMA Negeri 1 hal ini saya lakukan untuk mengetahui kondisi target kegiatan rekomendasi program serta sarana dan prasarana pendukung program agar program yang saya lakukan tidak bertentangan dengan rkjm dan rkt sehingga program dapat dilaksanakan dengan baik dan seiring dengan rkt dan rkjm yang kedua saya menganalisis serta mengidentifikasi 7 aset modal sekolah dengan menerapkan apresiatif baca langkah Berikutnya saya membuka ruang diskusi positif dan kolaborasi dengan guru pembina kurikuler bendahara sekolah PLT kepala tata usaha para Waka kemudian yang paling utama juga dengan peserta didik dan melibatkan orang tua selanjutnya yang saya lakukan adalah berkonsultasi koordinasi dengan kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah Menurut pendapat saya bahwa kepemimpinan murid dapat ditingkatkan yang paling pertama adalah dengan menyadarkan peserta didik untuk memiliki kemampuan literasi Saya yakin jika guru atau sekolah menyediakan konten-konten yang berpendidikan dan menarik peserta didik maka peserta didik akan tertarik untuk melihat dan mempelajarinya melalui QR kode ini saya akan menerapkan konsep tentang pembelajaran berdiferensiasi sehingga yang ditampilkan tidak sebatas berbentuk naskah namun juga berbentuk video dan disesuaikan dengan bakat dan minat peserta didik program-program itu diantaranya adalah 1 peduli usaha lingkungan sekolah adiwiyata atau dikenal dengan mulsa yaitu melaksanakan observasi peternakan lebah madu Latif pemilihan tempat observasi lebah madu Latif karena Peternakan ini yang terdekat dengan lingkungan sekolah dan pemiliknya merupakan akademisi dan praktisi serta alumnus SMA Negeri 1 Cipari sehingga diharapkan dapat memberikan edukasi tentang wawasan lingkungan dan kewirausahaan serta dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi berdasarkan keinginan peserta didik dan orang tua pelatihan selanjutnya yaitu pelatihan public speaking kemampuan public speaking akan membantu rasa percaya diri peserta didik Pada pelatihan ini diajarkan juga tentang pelatihan debat karena kan kondisi pandemi semua siswa bisa mengikuti pelatihan ini untuk siswa yang tidak bisa mengikuti maka kami melakukan pelatihan melalui dari dan ada kewajiban dari peserta didik untuk dapat berbagi ilmu yang sudah diperolehnya tentang public speaking untuk disampaikan kepada peserta didik yang lain aksi nyata berikutnya yaitu pembuatan tempat sampah Arduino Nano serta halang rintang saya sebagai pembina kill bekerjasama dengan guru Pembina kir yang lain untuk mendampingi peserta didik dan memfasilitasi para peserta didik yang memiliki kreativitas yang tinggi dan mampu di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi Bapak Ibu yang saya hormati selanjutnya aksi nyata yang saya lakukan adalah meningkatkan rasa jiwa seni dari peserta didik dengan cara mengadakan pelatihan angklung SMA Negeri 1 Cipari Sudah dimiliki sejak tahun 2018 namun belum difungsikan sehingga saya bekerjasama dengan Pembina ekstra seni musik untuk mengadakan pelatihan angklung sebagai sarana untuk mempresentasikan bakat seni dari peserta didik Sehingga peserta didik memiliki jiwa seni yang kuat selain berprestasi di bidang akademik program aksi nyata berikutnya yaitu peningkatan kompetensi kepemimpinan murid Melalui aplikasi semua kegiatan yang dilakukan maka salah satu cara aplikasi yaitu berbasis QR Code diawali melalui dari teks laporan hasil observasi kemudian teks prosedur dan kegiatan-kegiatan lainnya selain diikuti oleh peserta didik juga diikuti oleh guru mapel fisika dan beberapa guru yang lain ini nantinya akan dipasang di pohon-pohon sebagai identifikasi pohon dan untuk memudahkan peserta didik dalam pengamatan perasaan saya setelah melaksanakan program aksi nyata modul 3.3 sangat senang saya dapat bekerjasama dengan peserta didik orang tua peserta didik guru alumni dan para pemangku kepentingan pelajaran yang saya dapat dalam program ini saya semakin yakin bahwa untuk menciptakan suatu program diperlukan berbagai pihak saya harus meningkatkan komunikasi dan literasi saya sehingga terjalin Tras atau kepercayaan tanggapan bapak ibu guru semakin tersadarkan bahwa program guru perkiraan ini merupakan program bersama yang harus didukung oleh bersama tanggapan siswa juga sangat senang karena siswa dapat belajar meningkatkan jiwa kepemimpinannya dan belajar sesuai dengan minat dan bakatnya yang disesuaikan dengan perkembangan zaman terlebih Ketika ada seorang peserta didik yang tadinya tidak ingin melanjutkan sekolah karena sering bermain game dan minder karena memiliki keterbatasan fisik namun dengan penerapan coaching peserta didik tersebut dapat aktif mengikuti program-program ini selain itu hal yang paling berharga pelajaran yang saya peroleh saya selalu melibatkan OSIS atau peserta didik dalam menyusun ide dan rancangan Saya belajar menjadi pendengar yang asertif memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk merancang melaksanakan dan mengevaluasi program nya diawali dengan diskusi untuk menentukan pilihan-pilihan atau choice pilihan datang dari oleh dan untuk siswa sehingga ketika ada kendala merasa tergerak yang menjadi penggerak program ini hal ini terjadi ketika sekolah kami melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat dan tidak boleh menghadirkan peserta didik pelajaran yang diambil peserta didik yang diwakili oleh OSIS mampu menggerakkan program ini dapat terlaksana dengan baik kemudian mengalihkan yang tadinya dilaksanakan di sekolah program ini sebagian dapat dilakukan kan di rumahnya masing-masing tentunya dengan melibatkan izin dari orang tua dan keterlibatan orang tua dalam membimbing peserta didik misalnya semua pembelajaran bersifat kontekstual berdasarkan kebutuhan siswa ada beberapa siswa yang membuat Bagaimana teknik bertani yang baik bagaimana dia berwirausaha dan bagaimana dia belajar menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang menarik bagi saya saya mendapatkan kepercayaan agar program ini tidak terbatas pada program guru penggerak saja sekolah membuat program percepatan pengembangan sekolah SMA Negeri 1 Cipari dalam koordinasi dan asistensi guru penggerak Saya diberikan kepercayaan oleh sekolah untuk melaksanakan dan menjadi koordinator dari beberapa program sekolah refleksi tentang program ini yang awalnya QR Code itu hanya untuk identifikasi tanaman namun sekolah memberikan fasilitas ke depannya bahwa QR kode tidak hanya terbatas pada tumbuhan atau tanaman saja ada beberapa guru yang ikut serta dalam pembuatan QR kode terutama pada mapel nya masing yang ditempel di alat peraga sehingga memudahkan siswa untuk mengaksesnya Selain itu dari teks teks laporan hasil observasi prosedur tentang tanaman ini rencananya sekolah akan memfasilitasi untuk dibuatkan menjadi buku Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh soal-soal











0 comments:

Post a Comment