Thursday, December 31, 2020

Lokakarya 2

 

Lokakarya-2 Pendidikan Guru Penggerak Kelompok A Kabupaten Cilacap dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Desember 2020 di Hotel Dafam Cilacap.

Peserta seharusnya 15 orang yang terdiri dari 3 pendamping yaitu:

1.     Arsyad Riyadi

2.     Masruhan Mufid

3.     Krista Adayu

Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Produk

Kegiatan diawali dengan registrasi, pembukaan, pengenalan dengan perkenalan dari pendamping dan motivasi. Setiap peserta diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri   dan pengalaman selama 2 bulan mengikuti mengikuti Program Guru Penggerak.

Sesi ini merupakan pengalaman yang sangat menarik karena saya mendapat inspirasi dari peserta lain. Dari kegiatan ini saya juga dapat merasakan bahwa perjuangan saya belum pernah ada rekan CGP, melatih lebih banyak bersyukur dan terus memotivasi diri untuk belajar memperbaiki diri.

Pada lokakarya ini saya belajar memanajemen kelas, membuat kesepakatan kelas, pentingnya memecahkan es. Belajar berdiskusi dan memandu diskusi.

Peserta berdiskusi tentang kekuatan yang dimiliki dan tantangan menjadi guru penggerak serta solusi dari setiap tantangan yang dihadapi oleh rekan peserta lain.

Materi Lokakarya 2 membahas tentang Komunitas Praktisi.

Lokakarya ke 2 pendidikan guru penggerak yang berkaitan dengan bagaimana kemampuan guru untuk menggerakan komunitas.

Materi lokakarya 2 yaitu:

1.     Komunitas dikembangkan sebagai strategi pengembangan profesional guru

2.     Peran guru penggerak dalam mengembangkan komunitas berkembang

3.     Budaya positif di komunitas

4.     Kolaborasi dalam komunitas

5.     Tahapan pengembangan komunitas

6.     Peran pemangku kepentingan dalam pengembangan komunitas

Pada bengkel 2 peserta siswa dalam kelompok kecil dibagi dengan tema sebagai berikut

1.     Mengenalisis kebutuhan belajar anggota

2.     Memfasilitasi penyusunan rencana kegiatan belajar berdasarkan hasil analisis kebutuhan

3.     Mencari narasumber yang relefan sesuai kebutuhan belajar

4.     Menyelenggarakan kegiatan belajar di komunitas

5.     Mendokumentasikan dan mempublikasikan hasil kegiatan

6.     Mendampingi rekan sejawat dalam mempraktikan hasil belajar di komunitas

Lokakarya ini saya belajar memaksimalkan kekuatan yang dimiliki diri sendiri, orang lain dan komunitas. Belajar menggerakan komunitas belajar disekolah dan luar sekolah, belajar menerapkan pembelajaran aktif dengan tahap perkembangan murid sehingga murid dapat memperoleh kemerdekaan belajarnya.

Refleksi

Pendamping yang kompeten akan meningkatkan kompetensi peserta, dari 3 pendamping ini yang menginspirasi saya untuk belajar memanajemen sebuah pelatihan. Lokakarya 2 ini dapat terselenggara dengan baik.

Setelah mengikuti lokakarya ini, saya juga membuat laporan pada atasan langsung dan mendapat apresiasi yang positif.

Semoga kegiatan seperti ini dapat terlaksana pada pertemuan yang akan datang dengan tema yang lebih bermanfaat.

Berikut dokumentasi kegiatan Lokakarya 2

https://www.youtube.com/watch?v=3ZQz2icFMSM&t=22s

0 comments:

Post a Comment