Sunday, June 20, 2021

1.3.a.5 Baru Tahu , Ternyata Ini Niat Murid Ke Sekolah

 Indonesia memiliki sejarah panjang tentang cerita heroisme, kesatriaan, dan kepatriotan di seluruh pulau-pulaunya, termasuk sejarah panjang peran pendidikan dalam melawan penjajahan. Pendidikan sebagai gerbang emas menuju kemerdekaan dan kebebasan berbudaya.

Salah satu tokoh penting dalam pendidikan dunia sebagai peletak dasar pendidikan Indonesia adalah Ki Hadjar Dewantara.

Saya sangat optimis ada mimpi dan cita cita dalam benak setiap anak saat mendatangi sekolah. Saya percaya murid punya inisiatif belajar meski tidak disuruh guru. Ternyata niat murid ke sekolah tidak sama, ada yang ingin menggapai cita-citanya ada juga yang mereka datang ke sekolah karena rutinitas sendiri bahkan ada juga hanya sebatas untuk uang jajan atau mendapatkan teman pribadi.Guru harus mengenal keberagaman dari peserta didik. Menuntun dan memotivasi murid menemani perjalanan menuju cita-citanya menjadi manusia unggul.

Saya percaya anak telah berlangsung sebagai subyek dalam pembelajaran. Namun saya belum melakukan kesepakatan kelas dan refleksi apakah murid telah diperlakukan sebagai subjek dalam pembelajaran. Saya melakukan apresiasi terhadap siswa.   Setelah mempelajarai modul 1.1 saya selalu berusaha untuk melakukan refleksi sebagai cerminan diri sehingga pembelajaran menjadi lebih baik dan menyenangkan dengan cara kontruksi dan produksi. Agar tumbuh Friend State (Kondisi Pertemanan) yang akan menumbuhkan kepercayaan, loyalitas, intregritas dan komitmen

Kelas adalah rumah murid. Fisik ruang kelas memang memengaruhi kedinamisan tetapi ada yang lebih penting yaitu karakter atau atmosfer belajar di kelas. Setelah saya mempelajari modul 1.1, saya beranggapan bahwa saya harus menjadi tamu yang baik di rumah murid-murid.   Begitu melangah ke ruang kelas ada tanggung jawab moral di kaki langkah pertama untuk menghormati murid sebagai tuan rumah dan memberikan yang terbaik sehingga tidak mendominasi saat pembelajaran.

Kecerdasan Fisik (kecerdasan fisik) .Penampilan guru sangat memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar.

Kecerdasan fisik perlu diperhatikan oleh saya sebagai guru. Karena anak secara visual lebih dekat melihat dan mudah memahami visual saya dengan rapi dan menarik.

Ketercapain kurikulum harus dicapai tanpa pembatasan kemerdekaan.

Budaya positif sekolah harus tumbuh dan berkembang agar dapat mewujudkan sekolah merdeka sehingga melahirkan manusi yang unggul.

 


0 comments:

Post a Comment